السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Pada kesempatan ini saya akan memberika tutorial
mengenai penggunaan Sort
& Filter pada Ms. Excel. Silakan disimak…..! 😊
TUTORIAL SORT :
1. Blok data yang ingin di short. Lihat contoh gambar di bawah ini
2. Klik “Short & Filter“ yang ada di bagian pojok kanan atas. Lalu klik “Custom Sort…”.
3. Akan muncul jendela “Sort”.
Pada
jendela “Sort” ini ada beberapa pilihan.
a. Column, adalah field/judul.
b. Sort On, menggolongkan/sortir data. Cell
Values (menggolongkan berdasarkan isi sel), Cell Color (menggolongkan berdasarkan
warna sel) dan Font Color (menggolongkan berdasarkan warna tulisan).
c. Order, pemilihan warna berdasarkan “Sort
On” yang dipilih
d. Dan terakhir menampilkan data secara
Ascending atau Descending.
4. Lalu klik OK.
TUTORIAL FILTER :
1. Blok semua data.
2. Kemudian klik “Short & Filter“ yang ada di bagian pojok kanan atas. Lalu pilih “Filter”.
3. Maka field/judul data akan berubah.
4.
Klik tombol bentuk Segitiga Bawah maka akan muncul tampilan seperti di
bawah ini
Ada beberapa pilihan pada menu tampilan ini. Fungsinya sama
seperti pada tutorial “Sort” sebelumnya. Nah! Di bagian bawah ada kotak
centang yang fungsinya adalah menampilkan semua data berdasarkan pekerjaan yang
dicentang. Karena yang saya filter adalah Field Pekerjaan
5.
Disini
saya hanya akan centang Pekerjaan PNS. Klik OK
6. Maka tampilannya akan seperti ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar